Thursday, May 16, 2002

HRI Club

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk keempat terbanyak di dunia setelah Cina, India dan AS. Dengan jumlah penduduk yang lebih dari 200 juta, Indonesia tak hanya kaya akan sumberdaya alam, tapi juga kaya akan sumberdaya manusia. Seperti halnya, sumberdaya alam, sumberdaya manusia tak akan mendatangkan manfaat bagi bangsa dan negara apabila tak dikelola dengan baik.

Sebagai praktisi, akademisi dan pemerhati manajemen sumberdaya manusia, EFEKTIVITAS PENGELOLAAN SUMBERDAYA MANUSIA INDONESIA merupakan mimpi kita bersama. Mimpi tersebut perlu kita jadikan cita-cita agar tak menjadi sekedar khayalan. Mewujudkan cita-cita membutuhkan suatu wadah berupa organisasi.



Menyadari kebutuhan akan wadah tadi, Moderator milis HRI bersama sejumlah anggota milis membentuk HRI Club. Namun kami juga menyadari bahwa tak mungkin kami mewujudkan cita-cita di atas tanpa bantuan anda semua.

Visi HRI Club adalah sebagai sebuah LEARNING ORGANIZATION, tempat di mana kita semua saling belajar dan berbagi. HRI Club diharapkan pula menjadi sebuah ACTION ORGANIZATION (action-oriented, tidak hanya berhenti sebatas konsep) yang KASUAL (tidak formal atau birokratis) dan KOLEGIAL (berlandaskan semangat kebersamaan).

Organisasi

Pada intinya, organisasi HRI Club terdiri dari NATIONAL CLUB dan LOCAL CLUB. National Club dipimpin oleh seorang National President dengan dibantu oleh tiga orang National Vice President yang membidangi Education, Membership, dan Administration and Finance.

National President HRI Club saat ini dijabat sementara oleh MOHAMAD ADRIYANTO, sedang ketiga orang National Vice Presidentnya adalah URIP SEDYOWIDODO (Education), SAHALA HARAHAP (Membership), dan FIRDAUS NOOR (Administration and Finance).

Local Club dipimpin oleh seorang Local President dengan dibantu oleh tiga orang Local Vice President yang membidangi Education, Membership, dan Administration and Finance. Local Club dapat dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 orang anggota.

Keanggotaan

HRI Club mengenal dua macam keanggotaan. Yang pertama adalah ANGGOTA MAHASISWA, yaitu mereka yang terdaftar sebagai mahasiswa program strata satu, diploma tiga, diploma dua, diploma satu atau yang sederajat dan memiliki minat terhadap pengembangan sumberdaya manusia di Indonesia. Macam keanggotaan yang kedua adalah ANGGOTA UMUM, yaitu mereka yang tak dapat dikategorikan sebagai anggota mahasiswa.

Untuk saat ini, anggota mahasiswa diwajibkan membayar iuran sebesar Rp 150.000 per tahun, sedangkan anggota umum diwajibkan membayar iuran sebesar Rp 300.000 per tahun.

No comments:

Post a Comment